Tepat 1 Muharam, Hadi Mulyadi Resmikan Masjid Pemrov di Eks Lapangan Kinibalu

SAMARINDA: Setelah menjalani pembangunan sekitar 2 tahun dan mengalami penundaan 2 kali, akhirnya masjid pemerintah provinsi Kaltim yang berlokasi di eks lapangan Kinibalu Samarinda, hari ini Kamis 20 Agustus 2020 diresmikan oleh wakil gubernur Hadi Mulyadi.

Sebelumnya tanggal 20 maret dan 20 juli sempat akan diresmikan namun ditunda lantaran kondisi pandemi covid 19 yang cukup mengkhawatirkan. Dan tepat di tahun baru Islam 1 Muharam 1442 H, akhirnya diresmikan juga.

Masjid pemprov yang diberi nama Nurul Mu’min ini berada di atas lahan seluas 16,261 M2 diperkirakan  akan bisa menampung hingga 3.500 orang jamaah. Sebelumnya sempat ada usulan dari sebagian tokoh untuk memberikan nama Al Faruq pada masjid ini namun lantaran ada polemik di awal pembangunannya maka usulan itu tidak dilaksanakan.

Mantan Gubernur Kaltim H. awang Farouk sendiri ketika itu mengatakan kepada media ibukota bahwa tidak benar kalau usul penamaan Al Farouk itu berasal dari dirinya. Karena dari awal ia hanya memfasilitasi pembangunan rumah ibadah itu semata-mata untuk kepentingan masyarakat dan para pegawai kantor gubernur yang memerlukan sarana peribadatan.

Secara terpisah hal yang sama juga dikatakan oleh beberapa tokoh masyarakat termasuk MUI Kaltim yang mengatakan bahwa ide nama Al Farouk itu bukan dari mantan gubernur Awang Farouk. Nama tersebut hanyalah usulan dari beberapa tokoh masyarakat dalam rangka mengapresiasi dukungan gubernur Awang Farouk saat itu. (Asya)